Friday, June 8, 2012

Hanamasa: Semacam Ujian Makan, Perlu Belajar

Sebelum ini saya hanya pernah sekali mengunjungi restoran dengan sistem all-you-can-eat buffet, yaitu Hartz Chicken di Jalan Magelang dalam rangka ultah adek si patjar. Karena makan bareng keluarga patjar itu harus jaim, saya jadi merasa kurang memaksimalkan sistem all-you-can-eat tersebut. Mumpung ke Bandung, saya jadi tergoda untuk menjajal sebuah restoran all-you-can-eat ala Jepang yang nggak ada di Jogja: Hanamasa. Untuk ukuran harga Bandung, seratusan ribu bisa makan sakkarep-karep itu termasuk muraah! Di Bandung sendiri ada dua gerai Hanamasa, yaitu Dago dan Istana Plaza. Saya dan teman memilih opsi kedua karena paling dekat dengan tempat kami menginap di Jalan Peta.

katanya sih gambar pemanggang, saya kira kepala sapi :p
Begitu masuk kami langsung disambut oleh waitress berkimono yang kemudian mengantar ke meja yang kami pilih dan menyiapkan alat pembakaran (untuk yakiniku) & perebusan (untuk shabu-shabu). Di sini waitress tersebut mulai gencar menawarkan minuman. Saya dan teman kurang konsentrasi dan iya-iya saja dengan penawaran tersebut. Kami pun segera beranjak mendekati meja buffet. Alamak, bingung mau makan yang mana aja!

Setelah memilih dengan ngasal dan impulsif, saya segera kembali ke meja dan memulai proses memasak. Di meja sudah tersedia minyak berwijen dan minyak tanpa wijen. Kemudian kami asyik merebus, memanggang, dan celup-celup ke dalam minyak. Long story short, kami makan sampai kenyang. Mulai dari yakiniku dan shabu-shabu hasil masak sendiri sampai cemilan-cemilan lain yang dimasak oleh pihak resto. Orange juice yang ditawarkan oleh waitress pun enak, segar, meskipun saya cuma seruput dikit karena sudah kekenyangan. Meskipun kenyang begitu, tapi kenapa ya kok rasanya masih kurang maksimal dan tidak memuaskan.


Setelah merasa cukup, kami pun segera beranjak ke kasir untuk membayar. Di sini feeling nggak enak pun terbukti benar. Minuman yang ditawarkan oleh waitress tadi rupanya tidak termasuk dalam paket dan kami kena charge tambahan yang lumayan besar. DHUERR! Orange juice yang cuma saya seruput sedikit tadi harganya mahal banget! Teman saya langsung misuh-misuh sendiri karena merasa dibohongi :D Padahal kami juga sih yang salah, nggak pikir panjang dan kurang bersikap asertif, nggak meluruskan lebih lanjut apakah minuman yang ditawarkan bayar lagi atau enggak. Ketahuan banget deh yang kena jebakan begini pasti anak daerah yang belum pernah ke Hanamasa sebelumnya, haha.

Dll:
- Harga belum termasuk pajak 10%
- Buka setiap hari pkl 10.00--22.00 WIB
- Meskipun semacam kena jebakan, saya justru masih penasaran gimana caranya makan di Hanamasa secara maksimal. Makan di all-you-can-eat buffet begini menurut saya perlu belajar dulu. Kalau nggak survei lewat internet ya harus merasakan pengalaman nggak enak dulu kayak saya. Bahkan saya baru tahu kalau memanggangnya pun ada aturannya: daging dicelup saus berwijen > dipanggang > dicelup saus tanpa wijen. Saya mah dipanggang dulu baru dicelup-celup, pantesan rasanya nggak yang enak buanget. Kok ya nggak nemu panduan yang kayak di bawah ini ya? +_+

(ahmadfikreatif.wordpress.com)
Tips Makan di Hanamasa:
1. Perut diusahakan amat-sangat kosong dan lapar.
2. Kenakan pakaian yang nyaman dan longgar.
3. Usahakan datang saat jam makan siang. Selain lebih sehat buat tubuh, menunya masih fresh dan lengkap.
4. Pilih tempat duduk terdekat dengan meja buffet, mondar-mandirnya nggak terlalu capek.
5. Gunakan piring paling besar. Makanan yang ditampung lebih banyak, nggak akan terlalu sering mondar-mandir.
6. Amati dulu seluruh menu yang ditawarkan, jangan langsung comot-comot makanan tanpa pengamatan pendahuluan.
7. Icipi semua menu dengan porsi sedikit. Kalau ada yang disuka bisa diulangi lagi. Kalau tidak memungkinkan, dahulukan makan makanan yang menurutmu paling enak. 
8. Minimalisasi karbohidrat.
9. Minimalisasi minum. Kalaupun minum, pilih air mineral atau teh.
10. Minimalisasi makanan/minuman manis dan bersoda
11. Minimalisasi shabu-shabu karena mengandung air sehingga bikin kenyang. IMHO yakiniku-nya juga lebih enak daripada shabu-shabu.
12. Kalau kenyang, berhenti dulu, nanti lanjut lagi. Dari makan siang sampai makan malam juga boleh kok. Mau bawa bacaan atau hiburan lain? Silakan. Take your time! :D
13. Dessert harus dimakan paling akhir.
14. JANGAN MENGIYAKAN TAWARAN MINUMAN TAMBAHAN! +_+
15. Masih merasa tipsnya kurang? Silakan klik tips ini yang bahkan menjelaskan persiapan dari SEHARI SEBELUMNYA!

Mau ke sini lagi?
Harus! Mungkin Hanamasa di Bali. Udah merasa lebih pinter sekarang :D Udah punya ilmunya bagaimana mengunjungi Hanamasa dengan baik dan benar :)

Rating: 4/5

Hanamasa Istana Plaza
Jl. Pasir Kaliki 121--123
Bandung
(022) 604 6766  

No comments: