Friday, November 23, 2012

Tengkleng Gajah "Sari Roso Mulyo": Ratingnya Tergantung Kebijaksanaan Pembeli

Di handphone saya, pada aplikasi Memo terdapat sebuah catatan yang berisi daftar tempat makan yang ingin dan belum pernah saya kunjungi. Kalau sudah saya kunjungi, nama tempat makan tersebut tinggal saya hapus dari daftar. Ada satu tempat makan yang sudah bertengger cukup lama, tapi belum terhapus juga dari daftar saya, yaitu Tengkleng Gajah "Sari Roso Mulyo". Istilah gajah bukan mengacu pada hewan yang akan dimasak tengkleng, tapi pada porsinya yang wow koprol. Saya pernah berwacana nyepeda ke sana bersama Papa, tapi wacana nyepeda bersama ke rumah Mas yang jauh lebih dekat saja belum terlaksana. Jadi, daripada menjadikan kunjungan ke rumah makan ini sekadar wacana, saya mengkhianati Papa dan mencari rekan lain untuk mengunjunginya: Rachmi. Lagi.


Lokasinya ternyata nggak susah dicari. Sebelum pertigaan Jakal-Merapi View (dari arah kota), belok saja ke arah kanan (timur) sejauh sekitar 1 km. Rumah makan yang aslinya bernama Warung Sate Kambing Muda "Sari Roso Mulyo" ini nantinya dapat Anda temukan di kanan jalan.


Makanan:
1. Nasi (3.000 IDR)

Ambil sendiri dan boleh tambah sakkarep-karep.

2. Tengkleng Gajah Digoreng (22.000 IDR)
4/5

3. Tengkleng Gajah Ditongseng (20.000 IDR)
4/5

Awalnya saya lebih memfavoritkan Tengkleng Gajah Ditongseng karena mengandung kuah berempah dan lebih bercita rasa, sementara Tengkleng Gajah Digoreng rasanya ya manis saja. Tapi, seiring dengan semakin banyak jumlah tengkleng yang masuk perut, tengkleng berkuah rempah terasa lebih mengenyangkan dan saya semakin rajin mengambil yang digoreng manis karena sifatnya yang lebih ringan. Pada akhir proses makan, saya masih ingat bagaimana nikmatnya kedua tengkleng tersebut (sedikit kekurangan ada pada prithilan tulang yang agak membahayakan kalau termakan), tetapi ingatan tersebut nyaris tersingkir oleh kenyataan bahwa saya terlalu kewaregen. Dan semua yang serba terlalu itu nggak bagus. 
    
Judul review ini saya kasih embel-embel "Ratingnya Tergantung Kebijaksanaan Pembeli" karena banyaknya porsi yang kita pesan sedikit-banyak memengaruhi nikmat-tidaknya tengkleng yang kita makan. Meskipun porsinya sangat wow, mungkin pada awalnya Anda bakal ngeyem-ngeyemi diri sendiri dengan berkata, "Segedhe ini toh banyak yang berupa tulang." Tapi yakinlah, banyak tulang pun porsinya tetap saja masih sangat mengenyangkan. Menurut pengalaman pertama saya ini, satu porsi per orang terlalu banyak, tapi satu porsi untuk dua orang juga terlalu sedikit. Kayaknya sih jumlah yang ideal adalah dua porsi untuk tiga orang. Jadi gimana dong kalau datangnya cuma sendirian atau berdua? Lha mboh yo... :))

Minuman:
Es Teh/Teh Panas (@ 3.000 IDR)
3/5
Saya memandang ke meja sekitar dan nyaris semua memesan es jeruk/jeruk panas. Cih, dasar kami pengonsumsi kolesterol amatir. Kok nggak kepikiran pesen jeruk sebelumnya tho yaa...

Daftar Menu:

Dll:
- Parkir gratis
- Buka setiap hari pkl 9.00--21.00 WIB
- Harga sudah termasuk pajak

Mau ke sini lagi?
Boleeh. Tapi kayaknya bakal lebih asyik datang dengan banyak orang deh...

Rating: 4/5

Warung Sate Kambing Muda
"Sari Roso Mulyo"
Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman
081 227 6868 09/(0274) 882 512       

No comments: