Friday, October 5, 2012

Barata Koffie and Resto

Sebelum mengunjungi sebuah rumah makan, biasanya saya googling sebentar agar dapat memperoleh gambaran mengenai lokasi, menu rekomendasi, atau bahkan menu yang harus saya hindari. Googling menjadi percuma saat saya berencana mengunjungi restoran bernama Barata Koffie and Resto. Saya hanya menemukan twitter out of date yang berisi 2 tweets(!) dan peta dari Mbakdiskon yang menunjukkan bahwa lokasi restoran yang tertulis di Jl. Prof. Dr. Sardjito ini justru berada di Jl. C. Simanjuntak, tepat di sekitar Pondok Cabe dekat MAN 1 Yogya seharusnya berada *bzzzt*. Beberapa kali melewati Jalan Sardjito yang nggak panjang-panjang amat itu pun saya belum juga berhasil menemukan di mana tepatnya restoran misterius ini berada.


Ealah, pantesan susah ketemunya. Rupanya restoran ini menempati sebuah bangunan yang penampakannya "rumah banget" sehingga susah dikenali sebagai sebuah restoran. Begitu memasuki ruangan, barulah restoran yang tampak sempit dari luar ini terkesan lapang dan nyaman. Rupanya saya dan Rachmi merupakan satu-satunya pengunjung tadi siang. Dan karena sepertinya ini bakal jadi review pertama tentang Barata Koffie and Resto yang dapat ditemukan di internet, sebenarnya saya agak deg-degan menulis review ini #halahh


Makanan:
1. Asparagus Corn Soup
3/5
Saya bingung kenapa saya nggak menemukan menu ini di buku menu. Apa memang khusus disiapkan untuk promo saja ya? Meskipun saya bakal lebih suka kalau jagungnya dibanyakin dikit, rasanya sih lumayan. Saya dan Rachmi bisa menghabiskan sup ini saja sudah merupakan pertanda bagus. Saya juga suka bagaimana pihak restoran mudheng kalau sup itu dihidangkan sebelum main course. Ada kan restoran yang menghidangkannya sakarep-karep urutannya.

2. Chicken Fried Rice (20.000 IDR)
2/5
Satu porsi nasi goreng ini dihidangkan dalam sebuah cething (tempat nasi) yang diletakkan di atas piring. Karena paket yang didapat adalah dua porsi nasi goreng, jadilah dua cething ini nangkring di atas meja. Jadi semacam ada opsi terserah kita mau makan nasi goreng dipindah piring dulu atau langsung dari cething. Agak wagu, tidak efektif, dan kalau kata orang Jawa, makan langsung dari cething-nya gitu ora ilok :p Jenis nasi gorengnya ala western yang tanpa kecap. Menurut Rachmi yang juga diiyakan oleh saya, rasanya cenderung tawar, kurang mantep.

3. Stuffed Chicken Wings (20.000 IDR)
1/5
Nah, ini dia menu yang penampakannya sangat menggoda ;) Saya sering lihat sih chicken wings yang ditata saru begini di internet, tapi ya nggak nyangka juga beneran nemu di dunia nyata. Saya comot duluan bagian da.. eh kroket kentang bercocol saus, yang rasanya sih enak-enak saja. Begitu giliran bagian sayap ... maaf, tapi berasa banget kalau kurang fresh. Rasanya sih lumayan terbantu begitu dicocolkan ke dalam saus, tapi baunya itu lhooo, nggak tahan. Nyaris sebagian besar sayap saya bungkus tisu untuk ipus di rumah. Jatah oleh-oleh buat ipus semakin bertambah karena Rachmi juga nggak sanggup menghabiskan. Sayang lho, soalnya bentuknya lucu dan kentangnya juga lumayan. Apalagi yang bagian mata di muka itu dibuat dari biji merica. Yumm, enaknya nglethus merica campur kentang.         

4. Chocolate Pudding with Vla
4/5
Menu ini juga merupakan menu yang nggak bisa saya temukan di buku menu. Karena fungsinya sebagai dessert, waitress juga sudah pas menghidangkan menu ini paling akhir. Rasa pudingnya agak tawar, tapi nggak masalah karena diimbangi dengan rasa vla yang bikin manisnya pas. Saya pribadi suka dengan vla berwarna oranye yang saya nggak tahu terbuat dari apa ini. Kata Rachmi sih (kayaknya) dari labu.

Minuman:
1. Barata Coffee Milk (13.000 IDR)
2/5
Saya sengaja memilih minuman kelompok specialities, tapi yang harganya paling murah. Ketemulah menu ini :p Rasa di awal sih lumayan, tapi lama-lama jadi biasa dan nggak spesial-spesial amat. Minuman ini nggak saya habisin.

2. Blueberry Smoothies (16.000 IDR)
4/5
Minuman pesanan Rachmi yang enaaaak. Rasa blueberry-nya berasa banget, enak deh.

Daftar Menu:

Dll:
- Buka setiap hari pkl 10.00--23.59 WIB
- Harga sudah termasuk pajak
- Parkir gratis
- Tertulis diskon 15% itu kayaknya udah nggak berlaku ya?

Mau ke sini lagi?
Konon Rachmi pengen ke sini lagi ngicip strawberry smoothies. Saya sih nggak pengen-pengen amat. Menu-menu di sini ada yang enak banget, ada yang fatal negatifnya (Ipus saya ternyata juga nggak doyan sayapnya!). Jadi kok kalau ke sini lagi semacam gambling bakal dapat rasa yang kayak gimana yaa...

Rating: 3/5

Barata Koffie and Resto
Jl. Prof Dr. Sardjito No. 4A, Yk
(0274) 555 750/555 751
@barataresto

No comments: