Tuesday, March 26, 2013

D'Gejrot Kemek: Cari Mpok Aye? Kagak Ade!

Lama menghilang, saya mau mereview sebuah warung bernama aneh di daerah kos-kosan Jakal, yaitu D'Gejrot Kemek. Nama "D'Gejrot" sih kayaknya masih ada kaitannya sama varian menu, si tahu gejrot. Tapi "kemek"??? Boro-boro tahu artinya, bacanya gimana aja saya nggak tahu xD Konon sih kemek ini slang Betawi yang artinya 'makan'.


VENUE
Warung D'Gejrot Kemek ini lumayan sempit dan mencil sehingga berpotensi untuk terlewat dari perhatian. Kayaknya gara-gara nyadar kalau agak ngumpet inilah, si pemilik warung berinisiatif untuk memasang lampu merah yang terus berkedip-kedip di depan warung. Kalau untuk menyiasati masalah sempit, pemilik warung sengaja bikin konsep lesehan. Kapasitas pengunjung pun jadi "cenderung fleksibel". Lesehan oke sih buat tempat terbuka, tapi kalau untuk tempat tertutup yang agak sempit, menurut saya sih kurang cocok. 


MENU
Secara umum, menu yang dijual di sini berupa nasi uduk (di sini nyebutnya nasi kudu), lauk, sambel gejrot, dan lalapan berupa mentimun dan nanas. Nah, beda satu menu dengan menu lain ada pada lauknya aja. Kayaknya sih konsep warung ini memang cenderung kebetawi-betawian. Selain menggunakan istilah kemek dan jualan nasi uduk, nama menunya langsung bikin inget sinetron Si Doel gitu deh, misalnya Mpok Aye (lauk sayap ayam), Pak Erte (1 telur 2 tahu), Cing Ute (1 telur 2 tempe), Kong Ape (1 telur 1 tahu 1 tempe), Cing Juki (3 tahu 3 tempe), dst. Semuanya seharga goceng alias 5.000.

Kayaknya sih menu favorit di sini si Mpok Aye. Kenapanya udah cukup jelas ye, yaitu satu-satunya menu goceng yang udah pake ayam :p Beberapa kali saya dengar pengunjung menanyakan menu ini, tapi si penjual bilang udah abis. Wajar sih, saya ke sini udah lumayan malam. Dari hasil nguping sebelah, menu Mpok Aye ini habis sekitar jam 2 siang, dan tebak, jam berapa warung ini buka? Jam 1 siang :D Sejam doang si Mpok Aye udah kagak ade. 

1. Kong Ape (5.000 IDR)
3/5

Seperti pengunjung lain, saya awalnya juga pengen makan goceng-udah-dapet-ayam :p Berhubung Mpok Aye udah habis, saya beralih ke Kong Ape. Alasannya? Menu yang lauknya paling bervariasi: telur-tahu-tempe. Teteup kagak mau rugi :D Mari kita mulai berkomentar tentang: 

- nasi uduk: rasanya nanggung, kurang gurih dikitt lagi.
- lauk: tempe oke, tahu oke, telur terlalu berminyak
- sambel gejrot: mirip-mirip rempah di nasi padang, dengan rasa yang tidak terlalu pedas (emang saya pesennya pedas-sedang deng)
- lalapan: okee 

2. Yoghurt Strawberry (7.500 IDR)

4/5
Nah, cerita dipesannya menu ini sebenarnya agak-agak nggak enak. Niat semula sih paling saya mau minum es teh doang, tapi sewaktu saya nanya menu minumannya apa aja, si penjual terkesan "mengarahkan" saya untuk memesan yoghurt ini karena dia nunjuk daftar menu di bagian si yoghurt ini doang. Padahal ya sebenarnya ada menu es teh dan minuman2 yang lain >_< FYI menu di sini bentuknya kubus gitu dan kayaknya bodoh saya lagi kambuh sehingga nggak inisiatif mbolak-mbalik kubusnya lebih teliti. Untung si yoghurt strawberry ini rasanya enak, dicampur susu cokelat gitu. Btw nama menu aslinya bukan ini, tapi saya lupa apa.

No comments: