Saturday, June 16, 2012

Spesial Sambal (SS): Ratingnya Tergantung Cabang

Saking ngefansnya dengan Spesial Sambal (SS), saya pernah mengalami periode makan siang di SS tiga hari berturut-turut. Siapa yang menyangka saya pernah amat sangat tidak menyukai SS. Rasanya ketidaksukaan dulu tersebut disebabkan oleh kesalahan memesan menu. Saya yang berperut sensitif memesan menu nasi goreng pedas yang efeknya berkepanjangan (you know what I mean :p). Kesan pertama pun ambyar :-S Selain salah menu, bisa jadi SS pertama yang saya kunjungi kebetulan SS yang kualitasnya kurang dibandingkan SS yang lain. Berkali-kali menjajal berbagai cabang SS, saya mencermati adanya perbedaan kualitas antara satu cabang dengan cabang yang lain. Cabang favorit saya adalah cabang di Jalan Godean (Modinan). Lokasinya paling dekat dengan rumah dan rasa makanannya tidak pernah mengecewakan. Saya menyebutnya SS Selatan Jalan. Saya sebut demikian untuk membedakannya dengan cabang SS Utara Jalan yang lokasinya di Jalan Godean juga dan jaraknya nggak sampai 1 km dari SS Selatan Jalan. Berbeda dengan SS Selatan Jalan, SS Utara Jalan ini kurang saya favoritkan. Saya pernah dua kali mendapatkan beras yang belum tanak di sini. Meski untungnya SS mana pun punya kebijakan untuk mengganti makanan yang  mengecewakan, tetap saja saya jadi agak enggan mengunjungi SS Utara Jalan.


Malam ini saya dan patjar ngedate dalam rangka malming dan berencana makan steak di WS terdekat. Sampai daerah Kenteng, tidak jauh dari SS Utara Jalan, jalannya sepeda motor agak sedikit oleng dan, bener deh kekhawatiran saya, rupanya ban sepeda motor si patjar bocor. Mengingat sudah sekitar pukul sembilan, rencana ke WS pun otomatis gagal. Melalui semacam telepati, saya dan patjar tahu sama tahu kalau alternatif tempat makannya pasti SS. Yah, SS Utara Jalan deh... Saya udah suudzon duluan.

Makanan:
1. Nasi Putih (2.500 IDR/orang)
3/5
Untuk kunjungan kali ini nasinya udah tanak, nggak mengecewakan.

2. Bandeng Goreng (4.500 IDR)
3/5
Awalnya saya pesen bandeng bakar, tapi katanya udah nggak ada. Berarti bandengnya nggak seger, udah dimasak dari tadi-tadi dong?

3. Ayam Goreng Dada (8.000 IDR)
2/5
Pesenan patjar. Rasanya agak tawar, euy. Padahal udah mbatin cukup puas dengan menu yang lain.

4. Jamur Goreng (3.500 IDR)
3/5
Semacam refleks, tiap ke SS pasti pesan menu ini. Kalau kata si patjar sih pengunjung SS level apa bisa dilihat dari menu pesanannya. Pengunjung SS tingkat advance yang datang berdua dan pengen irit pesannya jamur goreng dan lele goreng (seporsi isi 2) :D

5. Sambal Terasi Matang (1.500 IDR)

Sambal favorit untuk saya dan patjar yang sama-sama baru belajar maem pedes :p (kelewatan nggak difoto)

Minuman:
1. Susu Cokelat (4.000 IDR)
3/5
Dibeli dalam rangka penawar pedas :)

2. Es Teh Tawar (1.000 IDR)

Dll:
- Harga sudah termasuk pajak
- Parkir bayar
- Meskipun sama-sama SS, antara cabang satu dengan cabang lain kualitasnya berbeda-beda. Favorit saya SS Selatan Jalan Godean, yang kena blacklist SS Utara Jalan Godean dan SS Sagan, lainnya netral :p

Mau ke sini lagi?
Ke cabang SS Selatan Jalan donggg...

Rating: 3/5

SS Godean (Timur)
Utara Jl. Godean km.5, Gamping, Sleman

No comments: