Wednesday, June 6, 2012

H.E.M.A. Resto

Ketika berwisata kuliner di kota lain, saya tidak selalu mencari makanan khas daerah tersebut. Terkadang saya juga sengaja mencari restoran franchise yang tidak ada di Jogja, misalnya saja sewaktu ke Bali nyicip Sushi Tei, Domino, atau Burger King yang semuanya tidak ada di Jogja. Biasanya nyicip restoran franchise begini kalau lagi jalan-jalan ke mal. Mal pertama di Bandung yang saya kunjungi adalah Paris van Java. Mal ini dipilih karena sekalian mencoba nonton di Blitz yang nggak ada di Jogja juga. Lucu ya konsep malnya, semi outdoor gitu, gumun banget saya, hahaha. Selepas menonton di Blitz dan melewati jajaran resto outdoor nan cantik, saya dan teman ngiler pengen nyobain dan akhirnya memilih H.E.M.A. Resto. Ini pun setelah beberapa lama bimbang karena kepengen juga sama tetangga-tetangganya. Berhubung saya pernah ke Belanda, telinga saya sangat familier dengan nama HEMA, yaitu semacam jaringan supermarket di Belanda yang juga jualan makanan gitu. Saya pikir ini ada kaitannya dengan HEMA yang di Londo sana, tapi saya langsung menyangsikannya setelah googling dan menemukan bahwa H.E.M.A. ini ternyata kependekan dari Halal Enak Murah Artistik. Krik krik krik.

(foursquare.com)
(hema-resto.com)
Makanan:
1. Hutspot (50.000 IDR)

4/5
Saya mengenal hutspot pertama kali langsung di kota asalnya, Leiden. Waktu itu Nicola, teman sekelas dari Italia bercerita tentang makanan yang tercipta gara-gara warga Leiden meninggalkan sepanci makanan yang masih dimasak ketika tentara Spanyol datang. Ya hutspot inilah makanan yang "tidak sengaja diciptakan" tersebut. Berhubung di Leiden nggak sempat ngicip, saya pun bersemangat memesan makanan ini. Rasanya sih uenakk, tapi bedanya sama mashed potato apa ya, jadi terkesan overrated nih.

2. Holland Kroket (30.000 IDR)

3/5
Kentang lagi kentang lagi. Tapi berhubung suka kentang jadi tetap enak :9

Minuman:
1. Dutch Cola (20.000 IDR)

3/5
Melihat penampakannya, saya agak meremehkan minuman ini. Kayaknya Coca Cola biasa deh. Begitu saya seruput... ehh, ada rasanya apa nih kok enak. Rupanya Dutch Cola ini cola rasa leci gitu. Enyak.

2. Frozen Capucino (25.000 IDR)

3/5
Menu ini semata-mata dipesan karena ada keterangan *recommended. Begitu diseruput kok agak kayak si Dutch Cola ya? Sebodho amat dikasih leci atau nggak, pokoknya enyak!

Dll:
- Harga belum termasuk pajak 10%
- Buka setiap hari pkl 10.00--22.00 WIB
- Bagi saya yang biasa tinggal di kota termurah se-Indonesia, harga makanannya mahal :p Murahan dikit pasti saya kasih rating 4/5!
- Dekorasinya bagus. Ada tulip-tulipan plus nama-nama kota di Belanda digantung di langit-langit restoran. Atas dasar sentimen pribadi saya awalnya pengen nyariin Utrecht dan duduk di bawahnya, tapi kok kayaknya agak norak ya ;p
- Saya googling lagi dan menemukan bahwa H.E.M.A. punya cabang di Kedutaan Belanda, Kuningan. Dan begitu saya ingat-ingat lagi, saya kayaknya pernah makan siang di sana bareng Geges deh *kwaangg kwaangg*

Mau ke sini lagi?
Kalau ke PVJ lagi mau ngicip resto-resto sebelahnya aja ah. Jebul udah dua kali ke H.E.M.A. jugak +_+

Rating: 3/5

H.E.M.A. Resto
Jl. Sukajadi No. 137--139
(Paris van Java) Bandung
(022) 8206 3753

No comments: